Single Persembahan Untuk Keindahan Alam Dieng Dari Sarah N Soul

SARAH N’ SOUL, duo asal Bandung yang diperkuat oleh Sarah Saputri (vokal, harmonica) dan Nissan Fortz (gitar, vokal) resmi mengeluarkan single terbaru yang diberi judul “Negeri Di Atas Awan (Dieng)”. Single terbaru ini merupakan persembahan khusus Sarah N’ Soul bagi Keindahan Alam Kabupaten Wonosobo. Diluar itu, lagu “Negeri Di Atas Awan (Dieng)” juga merupakan tindak lanjut atas terpilihnya Sarah Saputri menjadi Duta Pariwisata Kehormatan Wonosobo. Adapun “Negeri Di Atas Awan (Dieng)” sendiri menjadi single non album, atau tidak termuat dalam album perdana mereka, Doodles of Sarah N’ Soul (2016). Single ini telah tersedia diberbagai layanan musik digital.

Menghadirkan balutan musik easy listening ala Sarah N’ Soul, sesuai tajuknya, lagu ini bercerita tentang kekayaan alam, yang tersiratkan oleh salah satu objek penting di Kabupaten Wonosobo, yakni Pegunungan Dieng. “Lagu ini dapat ditafsirkan sebagai ajakan untuk merenung, bagaimana kita bisa melihat semuanya dengan lebih bijaksana, khususnya saat berada di atas ketinggian,” ujar Sarah Saputri.

Apa yang dimaksud Sarah diatas adalah, ketika kita—manusia—berada pada titik ketinggian, pastilah ada rasa syukur yang besar terhadap ke agungan sang pencipta. Dengan kata lain, lagu ini menyimpan banyak muatan positif didalamnya, utamanya betapa pentingnya merawat dan menghargai apa yang telah Tuhan ciptakan di dunia ini dan tentu saja untuk dapat selalu mengingat-Nya “Ketika manusia berada dititik ketinggian, harusnya mereka terbuka mata hatinya dan tidak perlu merasa berat hati terhadap kesulitan yang ada di dunia. Justru kita seharusnya mensyukuri apa yang sudah ada, yang sudah Tuhan titipkan ke kita. Tuhan sudah menitipkan kekayaan pada kita, salah satunya adalah kekayaan alam. Kesempurnaan apalagi yang manusia cari jika sebenarnya, manusia sudah memilikinya? Bukalah mata agar muncul rasa syukur bahwa sebenar-benarnya, bersyukur itu adalah kunci utamanya,” katanya menambahkan tanpa bermaksud menggurui.

Lebih jauh diuraikan Sarah, diluar yang telah dibeberkan, “Negeri Di Atas Awan (Dieng)” juga dapat dimaknai sebagai penggambaran tentang kondisi seseorang saat sedang berada atau mengalami titik nol/ terendah dalam hidup. “Adakalanya manusia selalu melakukan introspeksi diri agar selalu diarahkan ke arah yang positif. Meskipun jalan yang harus dilalui memiliki rintangan dan tingkat kesulitan yang berbeda, tapi yakinlah kita dapat melaluinya, itulah “inti” hal lain diluar rasa syukur yang coba kami tuangkan dalam lagu ini,” terangnya. Sementara itu, dari sisi aransemen, Sarah N’ Soul mencoba mengemasnya dengan pendekatan yang berbeda, meski terdengar easy listening, sisi komplekstifitas coba dihadirkan. Kali ini dengan format progresi yang unik serta dengan dengan balutan berbagai unsur bunyi kedaerahan yang kental. Aransemen yang dibuat, pun diarahkan lebih kepada penggayaan musik bergaya kolosal. “‘Negeri Di Atas Awan (Dieng)’ adalah lagu pertama kami yang bercerita dan bertemakan tentang kekayaan serta keindahan alam. Oleh karenanya saya merasa perlu memunculkan unsur kedaerahan dan keromantisan lain di setiap notasi-notasinya, khususnya balutan gitar dan harmonika. Ada beberapa hal yang sangat ingin saya tekankan disini, semisal suasana magis di beberapa part lagu,” ujar Nissan yang bertindak sebagai arranger.

“Saya pribadi, mendapatkan sedikit informasi bahwa Dieng itu adalah pusat peradaban Hindu pertama, sedikitnya apa saya bayangkan yang kemudian tertuang dalam musiknya, berangkat dari hal-hal itu dan juga tidak lupa dari hal-hal yang erat kaitannya dengan kearifan lokalnya, seperti prilaku masyarakat disana yang terkenal luwes, adem ayem dan sebagainya,” tambahnya. Sebagai catatan, dalam komposisi “Negeri Di Atas Awan (Dieng)” Sarah N’ Soul juga turut mengajak beberapa musikus tamu, mereka adalah Adisty Zulkarnaen untuk mengisi drums. Kemudian pada bass dibantu oleh Khrisna Alda Riansyah dan Iwan popo membantu dibalik tuts keyboard, kemampuan dari masing-masing musisi tamu ini sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, mereka sudah dikenal malang melintang diindustri musik tanah air baik sebagai musisi profesional maupun sebagai session player dari musikus-musikus besar. Sedangkan untuk proses rekaman, lagu “Negeri Di Atas Awan (Dieng)” dikerjakan di Escape Studio (Bandung)— dalam kurun waktu yang relatif singkat, yakni hanya satu hari, pada pertengahan bulan Juni 2017. Sementara itu demi untuk mempercantik hasil akhir audio, Sarah N' Soul mempercayakan penggarapan sepenuhnya kepada M. Rizal, orang yang memang sudah berpengalaman untuk urusan mixing dan mastering.

Sarah N Soul Site :

Facebook : @SarahAndSoul

Instagram : @sarahnsoul

Contact : 0812 - 2273 - 1273 / derintapranovantya@gmail.com